Inilah 5 Cara Aman Investasi Saham Untuk Pemula!

by Minsya
4 minutes read

Investasi saham adalah jenis investasi yang menjanjikan dan mudah dilakukan saat ini. Bahkan caranya juga akan bisa dipelajari untuk anda yang masih pemula. Belajar saham untuk pemula bisa dilakukan dengan mudah namun tetap harus mempertimbangkan beberapa hal agar investasi saham yang dilakukan aman. Berikut langkah langkahnya.

1. Pastikan platform investasi aman

Investasi saham memang menjanjikan keuntungan yang tinggi, namun seiring keuntungan yang tinggi tersebut juga akan ada risiko dibaliknya. Maka alih alih tergiur dengan profit yang dijanjikan, anda juga harus lebih berhati hati dalam melakukan investasi saham. Sehingga sebelum melakukan investasi, maka anda harus melakukan pengecekan tentang platformnya. 

Platform investasi atau perusahaan yang akan anda berikan investasi harus dilakukan cek terlebih dahulu. Maka jangan ragu dan malas untuk melakukan riset singkat tentang data platform atau perusahan yang akan diinvestasikan. Pastikan perusahaan jasa keuangan (sekuritas) tersebut terdaftar dan juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2. Pastikan platform investasi punya sistem keamanan terbaik

Hal lainnya yang penting untuk dilakukan saat belajar saham untuk pemula adalah dengan memastikan platform investasi memiliki sistem keamanan yang terbaik. Terlebih bila anda akan menggunakan platform investasi online. Maka sebelum melakukan investasi harus dipastikan sistem keamananya sehingga transaksi anda akan aman dilakukan. 

Menurut BEI (Bursa Efek Indonesia), salah satu kriteria keamanan platform investasi yang akan disarankan adalah yang mempunyai keamanan lapis tiga. Lapis keamanan yang pertama adalah dengan menggunakan passord, randomized numerical PIN hingga penggunaan OTP. Dengan 3 lapisan keamanan ini akan membuat transaksi akan menjadi lebih aman.

3. Pastikan keamanan perangkat yang digunakan

Tidak hanya keamanan platform investasi yang penting untuk dipastikan namun keamanan perangkat yang digunakan juga akan sama pentingnya. Pastikan bahwa perangkat yang anda gunakan untuk mengakases  link saham aman dan dilengkapi dengan antivirus, firewall hingga anti-spyware yang wajib ada untuk memastikan keamanan perangkat.

Baik menggunakan smartphone, laptop atau komputer, anda harus memastikan bahwa perangkat yang digunakan untuk mengakses link saham tersebut benar benar aman. Saat mengakses link saham untuk pemula milik anda, maka juga dipastikan tidak menggunakan perangkat orang lain dan hanya menggunakan perangkat milik pribadi saja. 

saham untuk pemula
freepik.com

4. Disarankan menggunakan jaringan internet milik pribadi

Satu lagi hal penting yang harus diperhatikan saat anda harus melakukan transaksi saham yaitu dengan memperhatikan jaringan internet yang digunakan. Mengapa hal ini menjadi penting? Disarankan untuk menggunakan jaringan internet miliki pribadi untuk menghindari ada tindakan kejahatan seperti hacker yang mencoba masuk ke account anda. 

Terlebih bila transaksi jual beli saham yang anda lakukan adalah secara online, hal ini tentu saja menjadi suatu hal penting yang harus diwaspadai. Akan sangat disarankan untuk menggunakan perangkat milik sendiri di jarigan internet milik pribadi dan bukan jaringan internet yang dipakai umum seperti warnet atau lokasi publik lainnya yang menyediakan akses wifi gratis.

5. Waspada investasi bodong

Investasi saham memang menawarkan profit yang menggiurkan sehingga banyak orang ingin mencobanya. Namun Saat akan melakukan investasi saham jangan hanya dipikirkan terkait keuntungan yang akan didapatkan saja namun juga risiko yang harus ditanggung nantinya. Sehingga ketika melakukan investasi saham, anda akan lebih berhati hati. 

Terlebih saat belajar saham untuk pemula, yang kebanyakan ingin mendapatkan untuk lebih cepat. Akan sangat disarankan untuk berhati hati dalam mengirinkan data personal ke pihak ketiga yang seringkali seolah olah menawarkan bantuan. Anda harus lebih teliti dalam hal ini dan tidak mudah percaya kepada oknum tidak bertanggung jawab.

Itu dia beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk investasi saham yang lebih aman. nvestasi saham saat ini adalah jenis investasi yang menjanjikan. Caranya yang mudah juga akan menjadi salah satu sumber pemasukan untuk anda bahkan sejak usia dini. Tertarik ingin belajar saham? Tetap berhati hati dan gunakan tips diatas untuk cara investasi yang aman. 

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00