Inilah 3 Cara Membeli Saham BRIS! Mudah Bukan?

by Minsya
6 minutes read

Cara membeli Saham BRIS tidaklah sulit sama sekali. Untuk itu Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini. jika Anda berniat untuk membeli Saham BRIS. Karena setelah melakukan merger dengan dua bank syariah lainnya.

Nilai saham dari Bank Syariah Indonesia atau BRIS menjadi lebih meningkat dari sebelumnya. Dengan peningkatan nilai saham ini, tak heran jika banyak investor mulai melirik saham BRIS.

Bank Syariah Indonesia, PT. BNI Syariah dan PT. Bank Syariah Mandiri melakukan merger dengan menggabungkan ketiga perusahaan mereka dan kini menjadi Bank Syariah Indonesia. Dan menjadi perusahaan milik negara dengan aset mikro terbesar di Indonesia.

Selain itu Bank Syariah Indonesia sendiri sudah menjadi perusahaan publik dengan banyak ulasan positif dari para nasabah dan sudah mendapatkan pengakuan dari OJK. Pada awalnya saham BRIS memiliki nilai dengan nominal Rp. 500 per saham dengan jumlah saham total 2.623.350.600.

Setelah itu BRIS mencatatkan sahamnya dengan kenaikan harga yakni Rp. 510 per saham di BEI. Dan dengan catatan ini, BRIS menjadi BUMN pertama di dalam industri syariah yang berhasil go public dengan memberikan penawaran umum perdana atau IPO.

Merger yang dilakukan oleh ketiga bank syariah BUMN ini pun berhasil menaikkan nilai aset hingga Rp. 270 triliun. Sementara itu BSI juga berhasil memberikan kinerja yang optimal dengan memperoleh penghasilan total sebesar Rp 17 triliun dan laba bersih senilai Rp. 3 triliun.

Pada Mei 2022 kemarin, BRIS melaksanakan RUPS dan memperoleh keputusan jika BRIS akan membagikan dividen secara tunai sebesar 25% dari laba bersih mereka pada tahun 2021. Atau nilainya setara dengan Rp. 757 miliar. Maka setiap pemilik saham akan mendapatkan setidaknya Rp. 18,4 per lembar saham.

Semenjak IPO berlangsung maka harga saham BRIS pun melonjak hingga 162%. Atau nilainya setara dengan Rp. 885 per lembarnya.

Nah, kini sudah tahu kan bagaimana prospek BRIS di dunia saham syariah, maka sekarang Anda bisa menyimak cara membeli Saham BRIS di bawah ini.

cara membeli Saham BRIS
www.suara.com

Cara Membeli Saham BRIS

Untuk membeli saham BRIS, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah yang cukup mudah. Dan pastinya hal tersebut bisa Anda pelajari dengan membaca ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Memilih Perusahaan Sekuritas yang Sesuai

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih perusahaan sekuritas yang sesuai. Perusahaan ini adalah perantara yang bisa Anda gunakan untuk membeli saham pada Bursa Efek Indonesia atau BEI.

Kini membuka rekening saham syariah semakin mudah. Hadirnya Sistem Online Trading Syariah (SOTS) memberi kemudahan bagi investor syariah agar hanya dapat membeli saham-saham yang termasuk Daftar Efek Syariah.

Ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang sangat aman dan sudah berada di bawah lindungan OJK. Karena itu pastikan jika perusahaan sekuritas yang Anda pilih sudah resmi terdaftar di OJK ya. Misalnya di sini kita akan menggunakan perusahaan PT. Henan Putihrai Sekuritas.

2. Buka Rekening Saham

Lanjutkan dengan membuka rekening saham agar Anda bisa membeli saham atau membuka rekening efek di perusahaan sekuritas yang sudah Anda pilih. Untuk membuka rekening biasanya Anda harus mengisi formulir yang sekuritas tampilkan di website resmi mereka.

Bagi kamu calon investor pemula yang baru aja mau buka rekening saham syariah, ini bisa menjadi alternatif mudah untuk membuka akun di HP Sekuritas. Kamu tinggal ikuti aja cara di bawah ini. Mudah kok. Yuk Simak!

1. Silakan isi form online pada link berikut secara lengkap :
https://bit.ly/HPSOASYARIAH

Setelah mengisi secara lengkap,  nasabah akan mendapatkan email formulir yang sudah diisi dari pihak HP Sekuritas.

2. Print out lampiran dokumen yang dikirimkan ke email calon nasabah, kemudian bubuhkan materai Rp 10.000 dan tanda tangan pada dokumen tersebut (pastikan tanda tangan sama persis, tidak ada perbedaan di setiap lembarnya). Calon nasabah tidak perlu mengisi data pada formulir yang dikirimkan melalui email. 

3. Siapkan beberapa berkas berikut:
· Fotocopy KTP
· Fotocopy NPWP (jika ada)
· Fotocopy Halaman depan buku tabungan atas nama pribadi (Jika tidak ada buku tabungan bisa screenshoot mobile banking/e-banking yang tertera nama lengkap dan logo Banknya)
· Khusus untuk Mahasiswa lampirkan juga Fotokopi KTP Orang tua, NPWP Orang Tua, Kartu Keluarga dan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).

4. Kirimkan dokumen nomor 2 dan nomor 3 ke alamat berikut:
Up : Tim HPX Syariah – Syariah Saham
Henan Putihrai
Penthouse @ Tamara Center
Jln Jend Sudirman 24. 7th, 18th Floor Jakarta 12920, Indonesia
(021) 2525-888

CP : 0878 5758 0315

NOTES
1. Untuk form yg belum terisi harap dilengkapi dengan tulis tangan.
2. Untuk form RDN BCA Syariah silakan ditambahkan nama keluarga yg dapat dihubungi dan hubungannya serta nomor telpon. Data yg lainnya dikosongkan saja.
3. Jika ada yang salah silakan dicoret kemudian ttd di samping lalu diganti dengan data yg benar.
4. Untuk panduan lengkapnya bisa ditanyakan melalui wa.me/6287857580315
5. Setelah berkas diterima maka akan dihubungi untuk verifikasi data oleh call center.
6. Selama belum verifikasi data maka belum bisa login di aplikasi HPX Syariah.

3. Cara Membeli Saham BRIS

Jika Anda sudah memiliki rekening saham maka Anda akan memperoleh user id yang bisa Anda gunakan untuk melakukan login ke aplikasi trading saham. Selain itu cara membeli Saham BRIS juga bisa Anda lakukan secara online melalui aplikasi dengan cara berikut.

Di sini kami masih akan menggunakan HPX Syariah untuk membeli saham BRIS, begini kira-kira caranya:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih menu Beli Saham atau Buy.
  2. Lanjutkan dengan memasukkan kode saham yang hendak Anda beli. Karena di sini Anda akan membeli saham BRIS. Maka Anda bisa memasukkan kode saham BRIS.
  3. Kemudian masukkan harga saham yang hendak Anda beli dan jangan lupa untuk memasukkan jumlah lot saham yang ingin Anda beli. Minimal pembelian adalah 1 lot atau 100 lembar saham.
  4. Selesaikan prosesnya dengan klik Buy lalu klik Confirm.

Sebelum Anda membeli saham pastikan jika Anda sudah mengisi dana pada Rekening Dana Nasabah. Agar proses transaksi bisa berhasil dan begitulah cara membeli Saham BRIS dengan sangat mudah. Semoga bermanfaat.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00