PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO): Profil dan Sejarahnya

by Minsya
11 minutes read

PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) atau biasa disebut dengan Rumah Sakit Siloam ialah perusahaan pelayanan kesehatan yang berkantor pusat di Lippo Village, Tangerang. Perusahaan ini telah membawahi 40 rumah sakit serta puluhan klinik kesehatan pada tahun 2021. Dibalik kesuksesannya, perusahaan memiliki sejarah yang menarik dipelajari.

Siloam International Hospitals Group adalah jaringan rumah sakit swasta terdepan yang telah menjadi patokan pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia. Tim medis PT Siloam International Hospitals terdiri dari 2.700 dokter umum serta dokter spesialis. Sejumlah 10.000 perawat serta staf pendukungnya melayani hampir 2 juta pasien setiap tahunnya dengan sepenuh hati.

Dalam memenuhi kebutuhan pelayanan medis berkelas dunia, strategi bisnis PT Siloam International Hospitals memiliki setiap unit yang beroperasi dengan biaya yang lebih rendah untuk skala ekonomis. Dengan begitu, visi perusahaan dalam melayani kesehatan berkualitas terwujudkan. Perusahaan ini berada di Jl. Boulevard Jend. Sudirman No. 15, Lippo Village, Tangerang – Banten, Indonesia.

Siloam International

Sejarah Singkat Siloam International Hospitals

PT Siloam Gleneagles Health Care dibangun pada tahun 1996 sebagai perusahaan patungan Lippo Group dan Parkway Hospitals. Perusahaan ini membuka Rumah Sakit Siloam Gleneagles pertama di tahun 1996 di Lippo Village. Akhirnya, pada tahun 1997, perusahaan melantai di BEI dengan melepas 32% sahamnya dengan harga penawaran Rp 2.950 per lembar.

Setahun kemudian, Parkway melepas sahamnya sehingga sepenuhnya menjadi milik Lippo Group. Di tahun 1988, Lippo Group mengakuisisi PT Baligraha Medikatama dan diikuti dengan PT Siloam Gleneagles Health Care Tbk mengakuisisi Rumah Sakit Budi Mulia. Pembangunan rumah sakit pun dibuka di Lippo Cikarang.

Lippo kemudian menggabungkan PT Siloam Gleneagles Health Care ke PT Baligraha Medikatama pada 28 Maret 2000. Mantan pemegang saham Siloam Gleneagles Health Care akhirnya menjadi pengendali PT Baligraha Medikatama. Siloam Gleneagles Health Care pun bergabung ke PT Lippo Karawaci di tanggal 2 Agustus 2004 sehingga merk dan bisnisnya dikelola PT Lippo Karawaci.

Anak perusahaan Lippo Karawaci yang bernama PT Sentralindo Wirasta dijadikan sebagai pengendali semua rumah sakit bernama Siloam di tahun 2010. Hal ini diikuti dengan kolaborasi Universitas Pelita Harapan serta Mochtar Riady Institute of Nanotechnology. Setahun kemudian, perusahaan membuka rumah sakit pertamanya di Jambi dan Balikpapan.

Pada bulan April 2012, perusahaan mengakuisisi Klinik Kardiovaskular di Cinere, Depok. Sebulan kemudian, Pavilium B pada Siloam Hospitals Lippo Village dibuka. Di tahun yang sama, rumah sakit baru di Manado, Palembang dan Makassar juga dibuka. Pada bulan November 2012, Siloam Heart Institute dibuka di Siloam Hospitals Kebon Jeruk.

Memasuki awal tahun 2013, rumah sakit di Bali dibuka pertamanya. Gamma Knife Center juga dibuka di Siloam Hospitals Lippo Village pada bulan Februari. Di bulan Juli, Siloam Hospitals TB Simatupang turut dibuka di Jakarta Selatan. Memasuki penawaran umum perdana pada tahun 2013, perusahaan mengubah namanya menjadi PT Siloam International Hospitals dari PT Sentralindo Wirasta.

Rumah sakit di Purwakarta dibuka pada bulan Mei 2014. Tiga bulan kemudian, saham Siloam Hospitals ASRI di Jakarta Selatan diakuisisi. Akhir tahun 2014, Siloam Hospitals Kupang akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Pada Januari 2013, rumah sakit barunya di Labuan Bajo pun dibuka diikuti dengan rumah sakit di Buton di bulan April.

Pembangunan Siloam Hospitals Blu Plaza pun dibuka pada bulan Mei 2016. Tidak sampai situ, PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) juga terus melakukan kegiatan ekspansinya dengan membuka rumah sakit baru di Samarinda pada bulan Juni 2016. Setahun kemudian, Rumah Sakit Umum Sentosa di Bekasi Timur yang bernama Klinik Chandra Sentosa resmi diakuisisi.

Hal tersebut diikuti dengan mengakuisisi Rumah sakit Umum Putra Bahagia yang berlokasi di Cirebon di bulan Mei 2017. Rumah sakit baru di Bangka Belitung serta Bogor juga dibuka pada bulan Juli 2017. Rumah Sakit Hosana Medica di Bekasi diakuisisi diikuti dengan pembangunan rumah sakit baru di Jogja.

Itulah penjelasan mengenai profil dan sejarah dari PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) yang menarik dipelajari. Dapat diketahui bahwa kesuksesan dari perusahaan pelayanan kesehatan ini dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan ekspansi yang telah dilakukannya.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00