PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) Profil dan Sejarahnya

by Minsya
4 minutes read

PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) ialah sebuah perusahan penyedia layanan yang mengelola Rumah Sakit Hermina. Perusahaan ini ialah grup rumah sakit swasta terbesar kedua di Indonesia yang dihitung berdasarkan jumlah rumah sakit dan tempat tidurnya. Dibalik itu, perusahaan ini memiliki sejarah yang menarik diketahui sebagai berikut.

Profil dari Perusahaan Medikaloka Hermina

Berdiri pada tanggal 07 Mei 1999, Medikaloka Hermina memiliki kantor pusat yang berada di Jl. Raya Jatinegara Barat No. 126, Jakarta Timur, Indonesia. Ruang lingkup kegiatan usahanya bergerak di bidang jasa kesehatan dengan 28 rumah sakit umum dan 2.780 tempat tidur. Perusahaan juga menawarkan berbagai jasa media, seperti layanan kesehatan ibu dan anak.

Adapun beberapa layanan lain yang ditawarkan seperti jasa laboratorium, fasilitas radiologi dan pencitraan, perawatan kesuburan dan pelayanan kesehatan umum, apotek, jasa diagnosa dan gawat darurat, serta prosedur operasi yang kompleks. HEAL juga merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan layanan JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional dan asuransi kesehatan nasional.

Bisa dikatakan bahwa Medikaloka Hermina menyediakan layanan rumah sakit umum dengan komprehensif yang terus dikembangkan dengan perawatan spesialis. Perusahaan menyediakan perawatan kesehatan secara optimal serta profesional untuk menjalankan fungsinya. Dengan begitu, rumah sakit berkomitmen melayani pasien BPJS untuk mendukung program pemerintah.

Medikaloka Hermina
https://www.herminahospitals.com/en/branch/hermina-arcamanik.html

Sejarah Singkat Medikaloka Hermina

Sejarah PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) dimulai pada tahun 1967 ketika Hermina Sulaiman mendirikan Rumah Bersalin Djatinegara di Jl. Jatinegara Barat No. 126, Jakarta Timur dengan fasilitas 7 tempat tidur. Hermina Sulaiman melakukan kerja sama dengan seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan bernama Budiono Wibowo pada tahun 1970.

Kerjasama tersebut dilakukan untuk mengembangkan rumah bersalin menjadi Rumah Bersalin Hermina dengan 13 tempat tidur. Akhirnya, rumah sakit tersebut diresmikan dan menerima izin pendirian sebagai Rumah Sakit Bersalin Hermina. Dengan 25 tempat tidur, rumah sakit ini mulai menjalankan kegiatan usahanya pada tanggal 25 April 1985.

Sebuah rumah sakit di Sunter Agung, Jakarta Utama diakuisisi Yayasan Hermina di tahun 1995. Kegiatan akuisisinya berlanjut pada rumah sakit baru di Bekasi dengan 150 tempat tidur yang dilakukan pada tahun 1997. Kemudian, yayasan mengubah statusnya dari organisasi nirlaba menjadi sebuah perusahaan bernama “PT Medikaloka Hermina” pada 1999.

Pada rentang tahun 2000 hingga 2002, perusahaan membuka tiga rumah sakit baru di wilayah Jabodetabek. Tidak sampai situ, tiga rumah sakit baru lainnya juga dibuka serta mengakuisisi dua rumah sakit sekitar tahun 2003 hingga 2008. Perusahaan lalu membuka tujuh rumah sakit baru dan mengakuisisi tiga rumah sakit di antara tahun 2009 hingga 2014.

Rumah sakit di Palembang akhirnya dibuka sebagai rumah sakit pertamanya di luar Pulau Jawa pada tahun 2014. Sekitar tahun 2015-2016, perusahaan juga membuka dua rumah sakit baru serta mengakuisisi 1 rumah sakit. Hermina Tower juga dibuka pada tahun 2016 sebagai kantor pusat.

Di tahun 2017, empat rumah sakit baru dibuka dan proses restrukturisasi berhasil diselesaikan untuk mengkonsolidasikan rumah sakit yang dijalankannya. Akhirnya, perusahaan resmi melantai BEI atau Bursa Efek Indonesia pada 16 Mei 2018. Kegiatan ekspansi rumah sakit terus dilakukan dengan membuka tiga rumah sakit baru yang ada di Samarinda, Padang dan Jakabaring.

PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) kemudian mengakuisisi satu rumah sakit yang berlokasi di Bandar Lampung. Dua rumah sakit baru juga dibuka pada tahun 2019. Di tahun yang sama, perseroan mengakuisisi dua rumah sakit yang berada di Pekalongan serta Wonogiri. Pada 18 Januari 2022, rumah sakit baru di Cilegon telah diresmikan.

Hingga akhir tahun 2020, perseroan telah menaungi 49 anak usaha yang tersebar di wilayah Indonesia. Beberapa di antaranya yaitu PT Medikaloka Internusa, PT Medikaloka Sejahtera, PT Medikaloka Husada, PT Medikaloka Daan Mogot, PT Medikaloka Bogor, PT Medikaloka Mitra Pasteur, PT Medikaloka Malang, dan PT Medikaloka Mitra Pandanaran.

Demikian penjelasan mengenai profil dan sejarah PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) yang menarik diketahui. Bisa disimpulkan bahwa HEAL ialah rumah sakit  yang menyediakan berbagai jasa kesehatan. Selain itu, perusahaan ini menyediakan layanan pasien BPJS dan JKN.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00