PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) Profil dan Sejarah

by Minsya
4 minutes read

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), yang berbisnis dengan nama MedcoEnergi, adalah perusahaan energi swasta nasional terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 9 Juni 1980. Kantor pusat MedcoEnergi berlokasi di Jakarta.

MedcoEnergi terutama berbisnis di bidang eksplorasi dan produksi minyak bumi dan gas alam, penambangan tembaga dan emas, serta pembangkitan listrik. Aktivitas MedcoEnergi di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas dimulai ketika MedcoEnergi mengakuisisi kontrak eksplorasi dan produksi Tesoro di Kalimantan Timur pada tahun 1992. Pada tahun yang sama, MedcoEnergi juga mengambil alih 100% saham PT Stanvac Indonesia dari Exxon dan Mobil Oil.

Profil Perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) didirikan pada tanggal 9 Juni 1980 dan mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 13 Desember 1980. Kantor pusat Medco Energi Internasional Tbk terletak di Gedung The Energy, Lantai 52, SCBD lot 11A, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190 – Indonesia.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Medco Energi Internasional Tbk adalah PT Medco Daya Abadi Lestari (51,50%) dan Diamond Bridge Pte. Ltd. (21,46%). Pihak pengendali dan pemilik manfaat akhir (ultimate beneficial owner) Medco Energi Internasional Tbk adalah Keluarga Panigoro.

Medco Energi
https://www.medcoenergi.com/

Sejarah Perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan MEDC adalah melakukan aktivitas perusahaan holding, melakukan jasa konsultasi manajemen dan melakukan usaha perdagangan. Saat ini aktivitas utama MEDC adalah perusahaan holding dengan berinvestasi pada entitak anak yang bergerak di bidang minyak & gas (memiliki hak partisipasi di 14 aset minyak dan gas di Indonesia dan 11 aset minyak dan gas internasional), ketenagalistrikan bersih (pembangkit listrik tenaga gas, surya, geotermal, dan air), dan pertambangan tembaga.

Pada tanggal 13 September 1994, MEDC memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) (IPO) kepada masyarakat sebanyak 22.000.000 dengan nilai nominal Rp1.000,- per saham dengan harga penawaran Rp4.350,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 12 Oktober 1994.

Medco Energi menorehkan sejarah panjang sebagai salah satu perusahaan migas terdepan di Indonesia. Kiprahnya di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas (migas) dimulai sejak tahun 1992 dengan akuisisi kontrak eksplorasi dan produksi Tesoro di Kalimantan Timur (TAC dan PSC). Setahun kemudian, Medco Energi mencatatkan pencapaian gemilang dengan mengambil alih 100% saham PT Stanvac Indonesia dari Exxon dan Mobil Oil.

Perjalanan Medco Energi tak berhenti di situ. Pada tahun 2004, perusahaan ini memperluas jangkauannya ke kancah internasional dengan mengakuisisi 100% saham Novus Petroleum Ltd., perusahaan migas Australia yang beroperasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Akuisisi ini menandai langkah strategis Medco Energi untuk memperkuat posisinya di pasar global.

Tak hanya fokus pada hulu migas, MedcoEnergi juga melebarkan sayapnya ke sektor hilir pada tahun yang sama. Perusahaan ini mulai mengoperasikan kilang LPG yang mengolah gas ikutan dari produksi minyak di Lapangan Kaji Semoga menjadi kondensat, lean gas, dan LPG. Seiring dengan itu, MedcoEnergi merambah ke bisnis pembangkit listrik tenaga gas, menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan energi yang andal dan berkelanjutan.

Saat ini, MedcoEnergi telah memantapkan posisinya sebagai perusahaan migas multinasional dengan operasi yang tersebar di Indonesia, Oman, Yaman, Libya, dan Amerika Serikat. Ambisi perusahaan ini tak berhenti di situ. Medco Energi menargetkan untuk menggandakan tingkat produksinya di tahun 2015 melalui penyelesaian proyek-proyek pengembangan utama dan peningkatan cadangan secara organik maupun anorganik.

Di balik ekspansi dan pertumbuhannya yang pesat, MedcoEnergi tak lupa akan tanggung jawabnya terhadap keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan. Perusahaan ini selalu mengedepankan standar tertinggi dalam aspek tersebut, selaras dengan komitmennya untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Kisah Medco Energi merupakan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya untuk berani melangkah ke kancah global dan berkompetisi di pasar internasional. Dengan kegigihan, strategi yang tepat, dan komitmen terhadap keberlanjutan, MedcoEnergi telah membuktikan bahwa perusahaan Indonesia mampu bersaing di level dunia.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00