PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) Profil dan Sejarah

by Minsya
4 minutes read

PT Bank BTPN Syariah Tbk (disingkat sebagai Bank BTPN Syariah) merupakan salah satu lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Bank ini memiliki fokus utama pada layanan perbankan berbasis syariah, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Profil, sejarah, dan dampak sosial Bank BTPN Syariah memiliki relevansi yang signifikan dalam konteks perbankan syariah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

BTPS adalah sebuah bank yang beroperasi di Indonesia dengan fokus pada layanan perbankan syariah. Bank ini menyediakan berbagai produk dan layanan keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, termasuk pembiayaan, tabungan, deposito, dan produk lainnya yang sesuai dengan hukum Islam. BTPS memiliki komitmen untuk memberikan solusi perbankan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan kebutuhan finansial masyarakat.

BTPS berkomitmen untuk menjadi bank syariah terdepan di Indonesia dengan memberikan pelayanan yang inovatif dan berkualitas. Melalui kerjasama dengan berbagai lembaga dan mitra strategis, bank ini berupaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah dan inklusi keuangan di Indonesia.

BTPN Syariah

Sejarah PT Bank BTPN Syariah Tbk

BTPS memiliki cerita menarik tentang bagaimana ia lahir dari dua kekuatan yang bersatu untuk membantu orang-orang dalam hal keuangan. Cerita ini membuktikan komitmen bank ini dalam memberikan bantuan keuangan sesuai dengan aturan Islam dan juga untuk mengembangkan ekonomi berdasarkan ajaran agama.

BTPS berawal dari penggabungan dua kelompok, yakni PT Bank Sahabat Purbadanarta dan Unit Usaha Syariah (UUS). Bank Sahabat Purbadanarta didirikan di Semarang pada Maret 1991 dan awalnya merupakan bank biasa seperti yang kita kenal. 

Pada tanggal 20 Januari 2014, sebagian besar saham Bank Sahabat Purbadanarta, yaitu 70%, diambil alih oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN). Langkah ini adalah permulaan perubahan bank tersebut menjadi bank yang mengikuti aturan Islam.

Semenjak terjadinya peralihan saham, Bank Sahabat Purbadanarta berubah lagi dan kini resmi menjadi BTPS terhitung sejak 22 Mei 2014 atas izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Di sisi lain, Unit Usaha Syariah (UUS) BTPN juga berperan besar dalam pembentukan BTPN Syariah. Unit ini dulunya adalah bagian dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk dan fokusnya adalah membantu keluarga yang belum sejahtera di seluruh Indonesia. Unit Usaha Syariah BTPN sudah berjalan sejak Maret 2008, dan kemudian pada Juli 2014, unit ini digabungkan dengan BTPN Syariah.

Jadi, BTPN Syariah lahir dari gabungan antara pengambilalihan Bank Sahabat Purbadanarta dan penyatuan dengan Unit Usaha Syariah BTPN. Ini membuat BTPN Syariah menjadi anak perusahaan dari BTPN, dengan memiliki 70% saham. Kehadiran BTPN Syariah juga menegaskan bahwa ia adalah bank syariah nomor 12 di Indonesia saat itu.

Dampak Sosial PT Bank BTPN Syariah Tbk

Dampak sosial dari Bank BTPN Syariah sangatlah penting dalam konteks pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. Beberapa dampak sosial yang dapat diidentifikasi antara lain:

  1. Inklusi Keuangan

Bank BTPN Syariah berkontribusi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dengan menyediakan layanan perbankan syariah yang dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk yang sebelumnya tidak memiliki akses ke layanan keuangan.

  1. Pemberdayaan Ekonomi

Bank BTPN Syariah memberikan pembiayaan dan dukungan keuangan kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta mikro, membantu mereka untuk mengembangkan bisnis dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

  1. Penyediaan Pembiayaan Syariah

Bank ini berperan dalam menyediakan pembiayaan syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, memberikan alternatif bagi masyarakat yang ingin menjalankan bisnis atau proyek dengan mematuhi hukum syariah.

  1. Pendidikan Keuangan

Bank BTPN Syariah juga memiliki peran dalam meningkatkan literasi keuangan dan pemahaman tentang prinsip-prinsip perbankan syariah di masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan keuangan yang lebih bijaksana.

  1. Pengembangan Ekosistem Syariah 

Melalui dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi syariah, bank ini turut berperan dalam mengembangkan ekosistem syariah yang lebih kuat di Indonesia.

PT Bank BTPN Syariah Tbk memiliki profil yang berfokus pada pelayanan perbankan syariah, dengan sejarah perkembangan dan dampak sosial yang signifikan terhadap ekosistem syariah di Indonesia. Melalui komitmen dan inovasinya, bank ini berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berlandaskan prinsip-prinsip Islam dan memberikan solusi finansial yang sesuai dengan nilai-nilai agama.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00