4 Cara Menabung Dana Umrah Lewat Investasi Syariah

by Minsya
5 minutes read

Menabung Dana Umrah Lewat Investasi Syariah?

Investasi syariah tidak hanya membantu Anda berinvestasi sesuai dengan prinsip Islam, melainkan juga membawa Anda lebih dekat kepada impian yang telah direncanakan. Salah satu impian yang dapat diwujudkan melalui investasi syariah adalah pelaksanaan ibadah umrah tanpa keterlibatan riba atau unsur yang tidak sesuai dengan prinsip syariah Islam. Dengan melakukan investasi syariah, Anda dapat menabung dana umrah dengan aman dan bebas dari riba. Untuk mengetahui cara-cara melakukannya, simak penjelasan berikut.

Pendekatan pertama yang bisa dilakukan adalah membuka tabungan khusus untuk umrah, suatu metode yang umum digunakan untuk menabung dana umrah. Pilihlah bank dan jenis tabungan yang khusus dirancang untuk menyimpan dana umrah, dan saat ini, banyak bank di Indonesia yang telah menyediakan layanan tersebut.

Tabungan khusus umrah berbeda dengan tabungan konvensional. Biasanya, bank akan menentukan jumlah dana yang ingin dicapai, dan angka tersebut disesuaikan dengan tenor yang telah disepakati. Sebagai contoh, apabila Anda membutuhkan dana umrah sekitar Rp30 juta dengan tenor 2,5 tahun, maka setiap bulannya Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp1 juta.

Meskipun terlihat sederhana, metode ini akan memudahkan Anda untuk menyimpan dana umrah tanpa harus menyiapkan jumlah uang besar dalam satu waktu.

dana umrah
freepik.com

Tabungan Uang di Travel Umrah

Tabungan dana umrah  yang ditawarkan oleh banyak agen perjalanan umrah di Indonesia, memberikan alternatif yang berbeda dengan tabungan konvensional. Dalam metodenya, agen perjalanan memberikan estimasi biaya umrah kepada konsumennya, dan konsumen dapat memilih tenor sesuai dengan kemampuan finansial mereka. Program ini tidak melibatkan sistem bunga, membuatnya berbeda secara prinsip dengan tabungan konvensional. Selain itu, beberapa agen perjalanan umrah mungkin memiliki aturan mengenai jumlah setoran awal.

Namun, konsumen perlu memperhatikan dengan cermat pemilihan agen perjalanan umrah. Disarankan untuk memilih agen yang memiliki reputasi baik dan memeriksa izin resmi penyelenggara perjalanan ibadah umrah melalui situs web Kementerian Agama Republik Indonesia. Hal ini diperlukan untuk menghindari risiko terlibat dengan agen perjalanan ilegal yang dapat menyebabkan kerugian finansial.

Mulai Reksa Dana Syariah

Selain melalui cara konvensional seperti menabung di bank atau melalui agen perjalanan umrah, alternatif lain untuk mengumpulkan dana umrah adalah dengan memulai investasi syariah, salah satunya melalui reksa dana syariah. Saat ini, produk reksa dana syariah dapat diperoleh dengan mudah, dan kepatuhan terhadap prinsip syariah Islam dijamin berdasarkan pengawasan Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Keamanan investasi ini tidak hanya dari aspek syariah Islam tetapi juga dari segi ekonomi karena selalu diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagi mereka yang baru memasuki dunia investasi, reksa dana syariah merupakan pilihan instrumen yang tepat. Dalam pengelolaan dana, Anda akan mendapatkan bantuan dari Manajer Investasi (MI), sehingga Anda tidak perlu menghadapi kesulitan dalam menyusun portofolio investasi.

Investasi Saham Syariah Juga Bisa Dicoba

Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang memadai mengenai dunia investasi, saham syariah dapat menjadi metode yang efektif untuk mengumpulkan dana umrah. Saat ini, tersedia banyak perusahaan yang terdaftar sebagai emiten syariah yang dapat Anda pilih. Semua perusahaan ini tercantum dalam Daftar Efek Syariah (DES), yang menjamin bahwa seluruh emiten telah mematuhi ketentuan syariah Islam berdasarkan evaluasi Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Pergerakan investasi saham syariah mencatat pertumbuhan positif pada tahun 2020, dan diharapkan terus membaik pada tahun 2021. Dengan penguatan ekonomi syariah nasional, diversifikasi investasi syariah tidak hanya semakin beragam, tetapi juga menjanjikan hasil yang menarik. Oleh karena itu, menginvestasikan dana dalam saham syariah menjadi alternatif yang menarik untuk menabung dana umrah.

Dengan kemajuan zaman, proses menabung untuk dana umrah semakin terfasilitasi. Anda tidak lagi terbatas pada metode konvensional yang mungkin memakan waktu dan sulit dilakukan. Persiapkan dana umrah Anda sejak sekarang melalui investasi syariah bersama MOST. MOST menawarkan berbagai pilihan investasi pasar modal sesuai prinsip syariah dan telah terdaftar di DES, sehingga prosesnya dijamin aman dan transparan. Yuk, mulai investasimu sekarang dan raih kesempatan mendapatkan 1 lot saham BRIS dengan membuka RDN Bank Syariah Indonesia.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00