PT XL Axiata Tbk (EXCL) Profil dan Sejarahnya

by Minsya
4 minutes read

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan provider XL Axiata. Ya, provider swasta ini menjadi jejeran kartu seluler yang digandrungi masyarakat. Jika kamu belum tahu, provider ini dioperasikan oleh PT XL Axiata Tbk (EXCL). Sebuah perusahaan operator seluler yang berdiri pada 8 Oktober 1996. Yuk, simak profil dan sejarah singkat perusahaan ini dalam ulasan berikut!

Profil Perusahaan XL Axiata

Perusahaan ini mengalami pergantian nama sebanyak dua kali. Tahun 1989 – 1996, bernama PT Grahametropolitan Lestari. Lalu, mengalami pergantian nama menjadi PT Excelcomindo Pratama Tbk dari tahun 1996 – 2009. Terakhir, berubah menjadi PT XL Axiata Tbk sejak 2009 – sekarang. Kemu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama perusahaan ini, bukan?

Ya, perusahan ini merupakan rumah bagi produk utama XL Axiata, AXIS, dan Live.on. Dan dari beberapa produk utama tersebut, kemudian muncul berbagai macam produk seperti XL Prabayar, XL Prioritas, XL Business Solution, dan lain sebagainya. Jadi, bagi kamu para pengguna kartu seluler XL, perusahaan inilah yang menjadi produsennya. 

Menilik dari tingginya antusiasme masyarakat akan produknya, perusahaan ini sudah meraup pendapatan yang fantastis. Tercatat pada tahun 2021, perusahaan ini berhasil menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 26,75 Triliun. Sungguh angka yang lumayan untuk sebuah perusahaan operator seluler swasta. Tak ayal, perusahaan ini menjadi jajaran penguasa pasar di dunia telekomunikasi Indonesia.

XL Axiata

Sejarah Singkat

Setelah perubahan nama menjadi PT Excelcomindo Pratama Tbk di tahun 1996, perusahaan ini mendapatkan lisensi untuk membangun GSM di Indonesia. Menyusul Satelindo dan Telkomsel sebagai pendahulunya. Setelah itu, perusahaan ini berhasil menggaet investor asing seperti NYNEX AS, Mitsui Jepang, dan Asia Infrastructure Fund Taiwan. 

Lalu bergabung pula beberapa perusahaan lokal seperti PT Santana Telekomindo, Yayasan Tridaya, dan Yayasan Kartika Eka Paksi. Setelah persiapan yang panjang, perusahaan ini meluncurkan produk GSM pertamanya di tahun 1996. Nama produk tersebut adalah GSM-XL dan hanya beroperasi di sekitar Jakarta saja. 

Setahun setelahnya, perusahaan ini mengembangkan operasinya ke beberapa kota di Indonesia meliputi Pulau Jawa dan Bali. Hingga di akhir tahun, tercatat lebih dari 100.000 pengguna kartu seluler ini. Untuk mendukung semua operasionalnya, dibangun beberapa fasilitas penting, gerai resmi, dan layanan penunjang untuk pelanggan.

Di tengah krisis moneter tahun 1997, perusahaan ini emlakukan terobosan produk kartu prabayar yang bernama Pro-XL di tahun 1998. Dengan harapan bisa menanggulangi penurunan jumlah pelanggan yang signifikan akibat krisis tersebut. Terobosan ini memberikan dampak baik, hingga perusahaan ini terus bangkit. Sampai di tahun 2004, jumlah pelanggan mencapai lebih dari 4 juta orang.

Namun, setelah itu, perusahaan ini mengalami kerugian. Akhirnya solusi yang dilakukan adalah menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005. Hasilnya 56,9% saham perusahaan ini terjual ke Telekom Malaysia, lalu terjadi akuisisi pada perusahaan ini. Dampaknya, perusahaan ini pada masa itu juga tidak masuk dalam IHSG. 

Banyak perubahan pemegang saham terjadi, dan pada 2007 perusahaan ini resmi dikuasai oleh pihak asing. Kemudian di tahun 2009 terjadi perubahan nama menjadi PT XL Axiata Tbk, namun semua merk dagang produknya tetap sama. Beberapa tahun setelahnya, perusahaan ini merger dengan AXIS di tahun 2013. Proses merger ini mendatangkan banyak perubahan yang signifikan.

Seperti yang dijelaskan dalam rancangan operasionalnya, XL akan diposisikan untuk konsumen kelas menengah ke atas. Sedangkan, AXIS menjadi solusi produk bagi kaum muda. Hal ini didasarkan pada tarif dan harga layanan seluler dari kedua produk tersebut, pun dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus meningkatkan layanan untuk para pengguna setianya. Banyak sekali produk seperti pulsa, data seluler, hingga layanan operator lain yang disediakan oleh perusahaan ini. Terlebih dengan adanya aplikasi penunjang sebagai pusat layanan berbasis online yang sangat efisien.

Kartu seluler ini mungkin menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih dengan tarif dan layanan yang sesuai, XL Axiata menjadi salah satu penguasa produk kartu seluler yang selalu diincar. Itulah ulasan singkat tentang profil dan sejarah dari perusahaan ini. Tertarik untuk tahu lebih jauh? Cek website resminya ya!

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00