PT Petrosea Tbk (PTRO) Salah Satu Perusahaan Terkemuka

by Minsya
4 minutes read

PT Petrosea Tbk (PTRO) merupakan perusahaan multidisiplin asal Indonesia, yang bergerak di banyak bidang sekaligus. Lebih dari 50 tahun berdiri, perusahaan ini punya komitmen kuat untuk menjadikan ESG sebagai dasar acuan strategi keberlanjutan yang diterapkan. Sudah banyak prestasi dan pencapaian perusahaan ini, yuk kita simak di bawah ini!

Profil Petrosea

Berdiri pada tahun 1972, perusahaan ini fokus pada tata kelola perusahaan yang baik. Dan kemudian hari menjadi satu-satunya perusahaan multidisiplin dari Indonesia yang masuk ke Global Lighthouse Network di tahun 2019. Prestasi itu didorong oleh implementasi teknologi 4.0 di perusahaan ini. Selain itu, perusahaan ini menyediakan banyak jasa pertambangan yang dinilai World Economic Forum pantas masuk ke dalam daftar tersebut.

Lebih jauh tentang apa saja jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ini, yaitu meliputi pelayanan pertambangan pit-to-port yang terpadu, teknologi rekayasa, pengadaan dan logistik pertambangan terintegrasi, kesehatan kerja dan lingkungan, serta manajemen mutu perusahaan. Untuk itu, wajar jika perusahaan multidisiplin ini punya reputasi yang bagus di Indonesia maupun dunia.

Kembali lagi membahas peran PT Petrosea Tbk sebagai lighthouse company, Petrosea menjadi acuan bagi perusahaan lain dalam hal implementasi teknologi 4.0 dalam sistem operasional perusahaan. Contoh nyatanya, kemampuan implementasi bidang Data Analyst dan Artificial Intelligence. 

petrosea
https://petrosea.com/id/

Sejarah Berdirinya Petrosea

Petrosea didirikan pada tahun 1972 di Jakarta dengan nama awal PT Petrosea International Indonesia. Lalu, di tahun 1984, perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Clough Limited. Kemudian, perusahaan ini terus bertumbuh hingga di tahun 1990 masuk ke Bursa Efek Indonesia. Dengan nama emiten PTRO dan nama perusahaan berubah menjadi PT Petrosea Tbk.

Sembilanbelas tahun berlalu, perusahaan ini kemudian diambil alih sebagian besar sahamnya oleh PT Indika Energy di tahun 2009. Namun, karena ada aturan baru dari OJK tentang proses akuisisi, maka di tahun 2012 PT Indika Energy Tbk menjual saham Petrosea sebanyak 28,75% ke publik. Saat itu, saham yang tersisa sekitar 69,80%.

PT Petrosea Tbk juga punya beberapa anak usaha, meliputi PT Santan Batubara, PT Harum Energy Tbk, PT Kariangau Gapura Terminal Energy PT Rekakarsa Karya Nusantara, PT Karya Bhumi Lestari, PT Kinarya Bangun Sesama, PT PSOB Infrastructure Indonesia. Kemudian, lewat PT PSOB Infrastructure Indonesia, perusahaan ini mengakuisisi saham PT Mahaka Industri Perdana. 

Tahun 2016 menjadi titik balik perusahan ini, karena berhasil diresmikan oleh pemerintah sebagai operator PLB (Pusat Logistik Berikat) di sektor minyak bumi dan gas. Lokasinya ada di Tanjung Batu, Balikpapan, Kalimantan Timur. Setahun setelahnya, pada 2017 perusahaan ini meresmikan PSOB Sorong guna mendukung pelayanan sektor minyak bumi dan gas di Indonesia Timur.

Tahun 2017, perusahaan ini mengambil alih saham PT Kuala Pelabuhan  Indonesia lewat PT Indika Logistic & Support Services. Di sisi lain, melepaskan saham dari PT Santan Batubara, PT Harum Energy Tbk, dan PT Kariangau Gapura Terminal Energy pada pihak lain. Dengan begitu, berkurang pula jumlah anak perusahaan yang dimiliki.

Di tahun 2019, perusahaan ini mencetak prestasi dengan masuk ke dalam daftar Global Lighthouse Network. Hal ini didorong oleh suksesnya implementasi teknologi 4.0 dalam operasional perusahaan dalam proyek Tabang, Kalimantan Timur. Hal ini menjadi salah satu pencapaian terbaik dari perusahaan asal Indonesia ini.

Akan tetapi, di tahun 2020, PT Petrosea Tbk melepaskan saham yang ada di PT PSOB Reksabumi Indonesia. Kemudian, setahun setelahnya perusahaan ini melakukan diversifikasi bisnis. Sehingga kegiatan usaha menjadi bertambah meliputi konstruksi, jasa pertambangan dan penggalian, transportasi dan logistik, informasi dan komunikasi, bidang profesional, persewaan, ketenagakerjaan, hingga ilmu pengetahuan dan teknik.

Kemudian, di tahun 2022, perusahaan multidisiplin ini sepenuhnya berpindah tangan ke PT Caraka Reksa Optima. Perjalanan panjang selama lebih dari 50 tahun sejak berdiri membuat perusahaan ini sudah mengalami banyak hal, dari akuisisi hingga pencapaian besar yang pernah didapatnya.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00