PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) Profil dan Sejarah

by Minsya
5 minutes read

PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia dan bergerak dalam industri kelapa sawit. Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Surya Gemilang Sentosa di Sidoarjo pada tahun 2001. Kegiatan utama perusahaan mencakup pengembangan dan pengoperasian perkebunan pohon kelapa sawit, memproses tandan buah segar (FFB) serta memproduksi minyak sawit mentah dan inti sawit.

Perusahaan ini mengelola perkebunan tersebut melalui lima anak perusahaan langsung dan dua anak perusahaan tidak langsung. Lokasi lahan perkebunan anak perusahaan berada di 2 propinsi yakni di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah. Alamat kantor pusat Gozco Plantations Tbk terletak di Gedung Gozco, Jl. Raya Pasar Minggu 32, Pancoran, Jakarta Selatan 12780 – Indonesia.

Profil Perusahaan PT Gozco Plantations Tbk (GZCO)

PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) adalah perusahaan yang bergerak dalam industri kelapa sawit. Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Surya Gemilang Sentosa di Sidoarjo pada tahun 2001. Pada tahun 2007, perusahaan ini berganti nama menjadi PT Gozco Plantations Tbk dan mulai beroperasi.

Alamat kantor pusat perusahaan berada di Gedung Gozco lantai 5, Jl. Raya Darmo 54-56 Surabaya, dengan kantor perwakilan di Gedung Gozco, Jl. Raya Pasar Minggu 32, Jakarta Selatan. Perusahaan ini memproduksi minyak sawit mentah dan inti sawit dari perkebunan sawit di Sumatera Selatan. Perusahaan mengelola perkebunan tersebut melalui lima anak perusahaan langsung dan dua anak perusahaan tidak langsung.

Gozco Plantations

Sejarah Perusahaan

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Gozco Plantations Tbk (30-Apr-2022) adalah PT Golden Zaga Indonesia (28,37%) (pengendali), Tjandra Mindharta Gozali (26,37%), Prajogo Pangestu (7,84%) dan Nyamdorj Chuluunbaatar (9,83%). Penerima manfaat akhir dari kepemilikan saham (Ultimate Beneficial Ownership) PT Golden Zaga Indonesia adalah Tjandra Mindharta Gozali 99%

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan GZCO mencakup bidang usaha pertanian, perdagangan, perindustrian dan jasa yang berkaitan dengan agrobisnis dan agroindustri. Kegiatan usaha utama GZCO adalah pengembangan dan pengoperasian perkebunan, perdagangan dan pengolahan kelapa sawit dan minyak nabati (crude palm oil) melalui anak-anak usaha.

Pada tanggal 06 Mei 2008, GZCO memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham GZCO (IPO) kepada masyarakat sebanyak 1.500.000.000 dengan nilai nominal Rp100,- per saham dengan harga penawaran Rp225,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 15 Mei 2008.

Perusahaan ini sebelumnya bernama PT Surya Gemilang Sentosa dan berubah nama menjadi PT Gozco Plantations Tbk pada Desember 2007. PT Gozco Plantations Tbk didirikan pada tahun 2001 dan berkantor pusat di Jakarta Selatan, Indonesia.

Gozco Plantations Tbk adalah perusahaan yang melakukan kegiatan usaha pengembangan, pengoperasian perkebunan, perdagangan dan pengolahan kelapa sawit dan minyak nabati (crude palm oil) melalui entitas anak. Lokasi lahan perkebunan anak perusahaan berada di 2 propinsi yakni di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah.

PT Gozco Plantations Tbk, bersama dengan anak perusahaannya, mengembangkan dan mengoperasikan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Perusahaan juga bergerak dalam pengolahan dan perdagangan buah kelapa sawit, minyak sawit mentah, dan inti sawit.

Perusahaan ini telah berkembang dan beroperasi selama lebih dari dua dekade, dan terus berkontribusi dalam industri kelapa sawit di Indonesia. Dengan komitmen kuat terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan, PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) terus berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan masyarakat luas.

Perusahaan ini memiliki lima anak perusahaan langsung dan dua anak perusahaan tidak langsung. Anak perusahaan langsung meliputi PT Sumber Hasil Prima, PT Agro Multi Lestari, PT Sumber Cahaya Alam, PT Sumber Alam Selaras, dan PT Sumber Mitra Jaya. Anak perusahaan tidak langsung adalah PT Sumber Makmur Indah dan PT Sumber Makmur Indah 2.

PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) memiliki lahan perkebunan yang luas, terletak di dua provinsi di Indonesia, yaitu Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah. Perusahaan ini berkomitmen untuk menerapkan praktik perkebunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Perusahaan ini juga berfokus pada peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional. Dengan menggunakan teknologi terkini dan praktek manajemen terbaik, PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) berusaha untuk memaksimalkan hasil produksi sambil meminimalkan dampak lingkungan.

Selain itu, PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar perkebunan. Perusahaan ini melaksanakan berbagai program CSR (Corporate Social Responsibility) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Secara keseluruhan, PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) adalah perusahaan yang berdedikasi untuk menjadi pemimpin dalam industri kelapa sawit di Indonesia. Dengan visi dan misi yang jelas, perusahaan ini terus berusaha untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00