Home Saham Pemula Mekanisme Perdagangan Saham di Bursa Efek

Mekanisme Perdagangan Saham di Bursa Efek

by adminsysa

Mekanisme Jual Beli Saham Untuk Pemula

Kamu mungkin bertanya-tanya, beli saham dimana ya? Apakah langsung datang ke perusahaan terkait? Atau datang ke Bank terdekat dari rumah untuk transaksi jual beli? Bisa jadi ini menjadi salah satu pertanyaan kamu saat pertama kali masuk pasar modal.

Ada juga yang mungkin bertanya-tanya, bagaimana sebetulnya saham itu ditransaksikan. Kan ini ONLINE, mana bisa sih diakui sebagai kepemilikan langsung?

Karena itu, kamu sebagai pemula wajib untuk tahu mengenai bagaimana proses jual beli saham itu dilakukan. Coba cek gambar berikut ini :

Sumber : idx.co.id

Dari gambar diatas sebetulnya sudah jelas, bahwa Investor tidak bisa membeli atau menjual saham secara langsung. Hanya bisa melakukan jual beli dengan perantara Anggota Bursa (AB). Tentunya AB ini yang ditunjuk resmi ya.

Kita lihat bahwa order yang kita lakukan lebih dulu dikirimkan ke Sistem Perdagangan Bursa (JATS NEXT-G) oleh AB. Ini mirip dengan kita belanja barang di marketplace, masukkan keranjang kemudian checkout. Taraaa… Sahammu sudah realtime masuk ke portofolio.

Proses mekanisme perdagangan saham ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu proses perdagangan, dan proses penyelesaian. Dimana proses perdagangan ini terjadi secara realtime dan langsung, namun untuk penyelesaiannya membutuhkan waktu T+2. Jadi, kalau saham yang kamu beli sudah muncul di portofolio itu berarti sudah SAH jadi milik kamu.

Bukti pembelian biasanya akan dikirimkan sore hari setelah perdagangan bursa tutup melalui email atau biasa yang disebut dengan Trade Confirmation (TC). De ja vu ga nih denger kata TC?

Tahapan Transaksi pada Jam Bursa

Kamu tau nggak perdagangan itu dimulai jam berapa? 24 jam? Nggaklah ya… Siapa yang mau mantengin saham sampai 24 jam. Hehehe…

Perdagangan di bursa itu dibagi menjadi 4 tahapan. Apa aja? Yuk kita simak.

1. Pra Pembukaan

Kamu bisa mulai memasukkan penawaran baik jual atau beli pada proses ini. Anggota bursa akan memasukkan dan meneruskan orderan kamu ke sistem pada pukul 08:45:00 – 08:55:00.

Dan JATS melakukan proses pembentukan Harga Pembukaan dan mempertemukan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Pembukaan berdasarkan price dan time priority. Hal ini biasanya terjadi pada pukul 08:55:01 – 08:59:59. Pada jam ini orderan yang kamu masukkan akan diteruskan setelah jam 08:59:59 dan sesuai antrian yang berlaku.

2. Proses Transaksi

Bagi kamu yang mau bertransaksi jual beli saham bisa dimulai ketika market buka pada jam 09.00 WIB. Di perdagangan bursa, waktu proses transaksi dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pagi dan sesi siang untuk Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi. Sedangkan Pasar Tunai hanya diperdagangkan 1 sesi saja.

Selama masa pandemic, sesuai informasi dari situs resmi idx.co.id jam perdagangan bursa adalah sebagai berikut :

3. Pra Penutupan

Ada waktu dimana bursa berhenti melakukan proses transaksi. Di waktu 14:50:00 – 15:00:00 ini, para investor hanya bisa memasukkan order saja. Tidak ada aktifitas jual beli yang sedang berjalan seperti pada proses transaksi. Kalau bahasa kerennya blind trading. Kita ga akan tau seperti apa proses macth yang terjadi pada sistem.

Tepat pada pukul 15.00 ini biasanya harga penutupan akan terjadi. Inilah yang biasa disebut harga close. Seperti pada proses pra pembukaan, JATS melakukan proses pembentukan Harga Penutupan dan mempertemukan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Penutupan berdasarkan price dan time priority. Bedanya hal ini dilakukan pada pukul 15:00:01 – 15:04:59.

4. Pasca Penutupan

Pada proses ini, kamu masih bisa membeli saham di harga penutupan. Tapi tergantung ya, apakah harga close berakhir di offer atau justru berakhir di posisi bid. Jika posisi offer, artinya kamu masih bisa membeli langsung saham yang kamu mau di harga close yang terbentuk. Proses ini berlangsung selama 10 menit saja pada pukul 15:05:00 – 15:15:00. JATS hanya akan mempertemukan penjual dan pembeli berdasarkan time priority saja. Karena harga close yang terbentuk tidak bisa berubah lagi.

Gimana? Sekarang udah tau kan proses jual beli saham yang terjadi di Bursa Efek Indonesia? Yuk langsung aja daftar jadi investor!

Related Posts

Leave a Comment