PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) Profil

by Minsya
6 minutes read

Siapa yang tidak kenal dengan Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur? Hampir semua warga Indonesia familiar dengan nama perusahaan ini karena terkenal akan produk makanan dan minumannya. Ternyata, perusahaan ini memiliki fakta sejarah yang panjang unik untuk diketahui. Berikut profil dan sejarah dari perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Profil dari Indofood CBP Sukses Makmur

Seperti yang diketahui bahwa PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) ialah pabrik penghasil mie instan dan produk makanan olahan yang terkenal di Indonesia. Sebagai perusahaan FMCG atau Fast Moving Consumer Good, ICBP ialah salah satu anak usaha Salim Group yang berhasil menguasai pangsa pasar besar.

Industri ini paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena menyediakan berbagai produk yang memenuhi kebutuhan sebagian besar masyarakat. Produk keperluan sehari-hari yang dihasilkan ini memang dijual dengan cepat, dalam kapasitas banyak, dan harga yang cenderung murah. Disamping itu, produknya juga tidak akan tahan lama atau cepat habis digunakan konsumen.

Indofood CBP memasarkan produknya dengan variasi brand, seperti Supermi, Indomilk, Enaak, Freiss, Promina, Club, Milkuat, Segitiga Biru, dan masih banyak lagi. Selain makanan, perusahaan juga menyediakan berbagai minuman rasa buah, minuman non alkohol, air kemasan,serta teh kemasan. 

Adapun kegiatan bisnis yang dilakukannya mencakup pengemasan, pembibitan benih kelapa sawit, pemasaran minyak goreng, margarin dan shortening. Selain di Indonesia, perusahaan ini juga beroperasi di Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Uniknya, industry FMCG ini juga pernah berafiliasi dengan Pepsico dan ikut memasarkan sejumlah produknya.

Dalam kegiatan produksinya, Indofood CBP melakukan seluruh kegiatan operasionalnya termasuk dengan seluruh tahapan proses produksi. Perusahaan ini juga memanfaatkan skala ekonomis dan ketangguhan model bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Tidak heran jika perusahaan ini berhasil menampakkan prestasinya hingga di titik kesuksesannya kini.

Indofood CBP
https://www.indofoodcbp.com

Sejarah Indofood CBP Sukses Makmur

Setelah mengetahui profil dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), tentunya kini anda tertarik mengetahui rekam jejak sejarah yang telah dilaluinya. Perlu diketahui bahwa perusahaan ini awalnya focus di bidang pengolahan makanan dan minuman di awal tahun didirikannya yaitu 1971.

Perusahaan ini merencanakan kegiatan produksinya pada makanan bermutu, halal, dan aman dikonsumsi. Sehingga aspek higienis, kandungan gizi, praktis, aman, rasa, kesegaran dan halal ialah prioritas yang wajib ada dalam produk Indofood CBP dan selalu prima. Kemudian, di akhir tahun 1980, perusahaan ini mulai bergerak di pasar Internasional.

Hal tersebut ditunjukkan dengan kegiatan ekspor mie instan ke sejumlah negara ASEAN, Timur Tengah, Taiwan, Hongkong, Inggris, China, Belanda, Australia, Jerman, serta negara-negara lainnya di Afrika. Tidak sampai situ, perusahaan menggabungkan beberapa anak perusahaan Indofood Group di tahun 1994. Sehingga, namanya berubah menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk inilah yang bergerak di bidang pengolahan mie instan secara khusus. Divisi inilah yang terbesar di Indofood dengan pabrik tersebar di 15 kota. Kota-kota tersebut yakni Medan, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Tangerang, Manado, Pontianak, Surabaya, Semarang, Makassar, Banjarmasin, Jakarta, Cibitung, Bandung dan Jambi.

Adapun cabang tanpa fasilitas pabriknya berada di Kendari, Solo, dan Bali. Keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk yang cukup didistribusikan ke wilayah sekitar pabrik. Dengan begitu, produk dapat diterima dengan baik oleh para konsumen dengan kondisi prima atau segar.

Produk yang dihasilkan ke-15 pabrik di atas tentunya telah terstandarisasi secara menyeluruh, seperti mesin, parameter proses, bahan baku, tenaga kerja, serta barang jadi. Standarisasi tersebut juga tersertifikasi oleh SGS dengan sertifikasi International Standard Operation yang meliputi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Perusahaan ini juga berhasil memperoleh sertifikasi halal yang berlaku pada seluruh produk internasionalnya. Tidak hanya itu, sertifikat manajemen mutu ISO 9001 juga sukses didapatkan di tanggal 21 Maret 1998. Sertifikasi ISO 9001:2000 berhasil diperoleh pada 5 Februari 2004. Pada Oktober 1995, PT. Karina Sari Cipta mengubah namanya menjadi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Slogan yang dimiliki logo Indofood “The Symbol of Quality Foods” memiliki arti bahwa hanya produk bermutu lah yang dihasilkan oleh perusahaan ini. Selain bahan baku pilihan, produk ICBP juga diproses secara higienis serta memenuhi unsur kandungan gizi, aman, dan halal dikonsumsi.

Orientasi pasar yang dimiliki juga telah disesuaikan dengan permintaan pasar. Sehingga, industri selalu berusaha memenuhi kebutuhan para konsumennya baik dalam kualitas maupun kuantitas produk. Maka dari itu, perusahaan selalu berinovasi untuk memenuhi kepuasan konsumen, khususnya dalam hal selera.

Produk yang dihasilkan terbagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu Bag Noodle atau mie instan kemasan dan mie telor atau mie yang dikeringkan. Kegiatan produksi yang dilakukan bersifat mass production dimana barang yang diproduksi relatif sedikit tetapi dengan volume produksi yang besar. Sehingga, permintaan produk tetap stabil. Desain produk juga jarang berubah.

Selain kegiatan usaha produksi, Industri ICBP juga memperhatikan strategi pemasaran agar perusahaan semakin terus berkembang. Berbagai strategi promosi telah dilakukan, seperti periklanan baik media cetak, media elektronik, maupun papan reklame. Adapun kegiatan sales promotionnya mencakup pembagian hadiah secara langsung dan tidak.

Berdirinya PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di Pekanbaru bertujuan untuk memperluas bidang usahanya melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis. Disamping itu, perusahaan ini juga diharapkan mampu mengurangi biaya transportasi dan meningkatkan kesejahteraan karyawannya.

ICBP cabang Pekanbaru ini beroperasi pada bulan Juni 1994 dengan mesin 3 line. Setahun kemudian, jalur mesinnya bertambah hingga 5 line. Pada Oktober 2000, jalur mesinnya mengalami pertambahan lagi sampai dengan 6 line. Karena meningkatkan permintaan konsumen, jalur mesin bertambah menjadi 9 line. Hingga kini, 10 line telah beroperasi dengan baik.

Grup Agribisnis memperluas kegiatan produksi gulanya ke Filipina serta Brazil melalui saham Companhia Mineira de Açúcar e Álcool Participações dan Roxas Holdings Inc di tahun 2003. Setahun kemudian tepatnya tahun 2004, ICBP mulai bergerak di bidang usaha air minum dalam kemasan AMDK dengan mengakuisisi aset AMDK dan minuman bermerek Club.

Sejak pertama kalinya hingga kini, produk-produk yang dihasilkan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) ialah mie instan yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Merk-merk mie instan tersebut yaitu Sakura, Intermie, Pop Mie, Sarimi, Supermi dan Indomie. Indofood CBP Sukses Makmur Pekanbaru bertanggung jawab memenuhi permintaan pasar di wilayah sekitar.

Demikian informasi mengenai profil dan sejarah dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang perlu diketahui. Hal ini sangat menarik karena perusahaan penghasil mie instan kebanggaan Indonesia ini memiliki rekam jejak yang cukup panjang dan unik. Kesuksesannya pun tercermin dari strategi kegiatan usahanya yang cemerlang.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00