Ingin Belajar Saham Untuk Pemula? Ikuti 5 Langkahnya Disini

by Minsya
5 minutes read

Dunia saham memang bukan hal yang baru dan banyak diminati berbagai kalangan untuk melebarkan bisnis. Bahkan tidak jarang banyak kalangan muda yang ingin belajar tentang teori saham sejak dini. Ingin belajar saham untuk pemula? Berikut adalah beberapa tips bagaimana menjalankan saham untuk para pemula yang harus diketahui. 

1. Memahani risiko dan keuntungan

Sebelum terjun ke dunia saham, maka akan sangat disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu apa itu saham, bagaimana cara kerjanya, keuntungan beserta risiko yang akan terjadi. Bila hal ini sudah anda pahami, tentu anda akan lebih tahu bagaimana caranya untuk mulai terjun ke dunia saham dengan cara yang benar dan tidak salah langkah. 

Selain mempertimbangkan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan, maka hal lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah risiko yang mungkin terjadi. Banyak yang mengatatakan bahkan semakin tinggi risiko investasi maka keuntungan yang akan didapatkan juga akan semakin besar. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan anda dalam memulai saham. 

2. Menentukan tujuan investasi

Tips lainnya bagi yang ingin belajar saham untuk pemula adalah dengan menentukan tujuan. Dalam melakukan investasi tidak serta merta dilakukan asalkan punya modal. Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah dengan menentukan tujuan anda melakukan investasi tersebut. Dengan tujuan yang jelas, maka arah bisnis anda juga akan semakin jelas.

Anda bisa membuat tujuan yang berorientasi pada nominal atau jangka waktu misalnya. Dengan adanya tujuan yang dibuat dengan jelas ini, maka anda bisa termotivasi untuk melakukan investasi dengan lebih baik. Bila anda bingung dengan tujuan ini, maka jangan segan untuk minta pendapat dari ahlinya agar mendapatkan tujuan yang terarah. 

belajar saham

3. Jumlah kecil bisa menjadi peluang yang bagus

Banyak orang yang masih berpendapat bahwa melakukan bisnis saham harus mempunyai modal yang besar. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar, karena banyak juga para pemula di bidang saham yang mengawali investasinya dengan modal yang kecil. Bila dilakukan dengan cara yang benar dan ulet, maka hasil keuntungan juga bisa dicapai secara perlahan lahan.

Khususnya bagi anda yang merupakan seorang pemula dalam bisnis investasi saham. Sebaiknya hindari untuk melakukan investasi dengan jumlah modal yang besar. Anda bisa melakukan investai dengan jumlah modal yang sedikit terlebih dahulu. Hal ini akan bisa menjadi salah satu cara bisa belajar saham untuk pemula dengan lebih efektif. 

4. Memilih perusahaan yang tepat untuk berinvestasi

Sudah banyak perusahaan yang menawaran harga saham yang murah dan cenderung lebih terjangkau. Namun tunggu dulu, jangan sampai anda tergiur dengan penawaran manis seperti ini. Perusahaan yang menawarkan harga saham yang terjangkau dan terlihat lebih murah ini harus anda ketahui terlebih dahulu latar belakangnya. 

Anda harus memastikan apakah perusahaan tersebut memang berjalan dengan baik, punya sistem yang terstruktur hingga bagaimana cara pengelolaannya. Bila beberapa aspek tersebut dirasa cukup baik dan berpotensi berkembang, maka anda bisa menginvetasikan modal disana. Namun sekali lagi, riset tentang perusahaan saham yang akan dibeli hukumnya adalah wajib. 

5. Hindari melibatkan emosi saat berinvestasi

Orang yang baru terjun ke dalam dunia saham cenderung masih emosional. Tergiur dengan keuntungan dan imajinasi bila mendapatkan banyak laba biasanya menjadi pemicu utamanya. Sehingga bila anda adalah seorang pemula yang baru terjun ke dunia saham, maka harus berhati hati dalam mengatasi emosi yang menggebu gebu satu ini. 

Banyak hal yang bisa terjadi dalam pasar saham. Banyak faktor yang akan mempengaruhi naik dan turunnya investasi anda. Sehingga penting sekali untuk tidak melibatkan perasaan semata dan harus lebih banyak menggunakan logika dan daya analisa yang benar, khususnya untuk anda yang belajar Saham untuk pemula. 

Itu dia beberapa istilah dalam dunia saham yang harus anda ketahui dan pahami terlebih dahulu. Dunia saham memang menarik dan menjadi peluang tersendiri untuk anda mendapatkan pemasukan alternatif. Dengan belajar tentang saham sejak dini maka anda juga tidak akan ketinggalan tentang bagaimana jalannya saham di era modern saat ini.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00