Apa Itu Dividend Payout Ratio? Simak 2 Faktor Pentingnya

by Minsya
4 minutes read

Pada tahap pembagian dividen, umumnya terdapat beberapa faktor yang perlu dijadikan pertimbangan oleh investor. Salah satu faktor tersebut adalah dividend payout ratio (DPR) yang merupakan rasio pembanding yang bisa dimanfaatkan investor agar mendapatkan keuntungan tambahan selain dengan mendapatkan capital gain. Simak penjelasannya!

Untuk bisa berhasil menentukan rasio ini maka seorang investor perlu memiliki pemahaman dan pengetahuan seputar bagaimana cara menganalisis keuangan dan juga non keuangan perusahaan secara menyeluruh. Proses analisis perhitungan ini akan jauh lebih baik ketika dilakukan dalam beberapa periode atau bahkan lebih dari 2 dibandingkan hanya 1 periode.

Memilih untuk melakukan analisis secara komprehensif ni tentunya akan memberikan informasi seputar kondisi perusahaan apakah sedang mengalami perkembangan atau tidak. Selain itu, investor juga akan mendapatkan informasi tentang besaran rata rata nilai dividen yang bisa dibagikan oleh perusahaan kepada setiap investor yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

Investor juga akan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan berbagai jenis faktor khusus yang bisa memberikan pengaruh terhadap nilai DPR perusahaan dan berapa total dividen dan DPR yang bisa diperoleh oleh setiap investor di kemudian hari. Itulah mengapa mengetahui pengertian dari DPR menjadi suatu hal yang sangat penting dalam investasi.

Dividend Payout Ratio atau DPR ini dapat diartikan sebagai suatu rasio perhitungan yang dilakukan untuk bisa mengetahui perbandingan antara total keuntungan bersih yang diterima oleh perusahaan dan juga jumlah dividen yang dibagikan kepada investor. Dalam proses perhitungan ini, total keuntungan bersih yang diperoleh diwakili Earnings Per Share.

Earnings Per Share (EPS) tersebut dapat diartikan sebagai suatu keuntungan yang diperoleh oleh investor pada setiap lembar saham. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan perhitungan yang tepat maka anda perlu membagi nilai DPR perusahaan dengan jumlah saham perusahaan yang disebarkan di bursa atau berbagai jenis pasar saham lainnya.

Dividend Payout Ratio
freepik.com

Cara Melakukan Perhitungan Dividend Payout Ratio

Langkah yang perlu dilakukan untuk bisa menghitung DPR yaitu dengan membagi Dividen per Share dengan Earning per Share yang dimiliki perusahaan. Selain itu, anda juga bisa menghitungnya dengan cara membagi hasil yang diperoleh dari pembagian dividen yang dibagikan dengan total saham yang beredar dengan total laba bersih dan total saham yang beredar.

Untuk bisa mendapatkan semua data yang diperlukan untuk menghitung DPR ini maka investor perlu mencari tahu tentang laporan keuangan perusahaan. Bagian ini umumnya akan bisa ditemukan pada halaman awal laporan tahunan. Penjelasan diatas akan memberikan kemudahan dalam menghitung total dividen per lembar saham dari perusahaan.

Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio

1. Likuiditas Perusahaan

Likuiditas dapat diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki perusahaan dalam melakukan pembayaran utang jangka pendek. Untuk bisa mengetahui tingkat likuiditas dari perusahaan ini bisa dilakukan dengan menggunakan standar indikator rasio likuiditas. Ketika semakin tinggi rasio likuiditas perusahaan maka akan tinggi pula kemungkinan perusahaan membayarkan dividen.

Hal tersebut dapat terjadi karena sudah dapat dipastikan bahwa aset yang dimiliki perusahaan tersebut lebih dari cukup untuk bisa melakukan pembayaran kewajiban dalam jangka pendeknya. Ketika anda mengetahui emiten perusahan tersebut memiliki likuiditas yang baik maka bisa menjadikannya sebagai pilihan untuk mendapatkan keuntungan besar.

2. Profitabilitas Perusahaan

Jika dilihat secara umum maka kebijakan pembayaran dividen yang dilakukan perusahaan ini dapat dipengaruhi dengan kondisi keuangan perusahaan emiten tersebut. Namun untuk bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan jenis perusahan yang rajin membayarkan dividen dan jumlah yang diberikan maka bisa dilakukan melalui daftar indeks saham yang mengutamakan dividen

Salah satu akses yang bisa digunakan yaitu melalui IDX High Dividend 20. Perusahaan dengan earning tinggi pasti memiliki probabilitas membayar lebih tinggi dividen investor. Sebaliknya, jika laba rendah maka perusahaan mungkin tidak membayar dividen. Oleh karena itu, untuk bisa menemukan emiten terbaik maka diperlukan kemampuan dalam menghitung dividend payout ratio.

Ketika anda berperan sebagai investor maka diperlukan kemampuan dalam mencari dan menentukan pilihan perusahaan yang mampu membagikan dividen dengan nilai tinggi. namun anda juga tetap perlu berhati hati karena belum tentu ketika nilai DPR tinggi maka akan mendatangkan suatu hal yang baik. Jadi pastikan anda teliti dalam menentukan pilihan

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00