5 Alasan Harus Belajar Saham Untuk Pemula Sejak Dini

by Minsya
4 minutes read

Berinvestasi saham saat ini bukanlah hal yang baru dan sudah banyak dilakukan oleh banyak kalangan. Melakukan invetasi saham tidak harus memulai dengan modal yang besar, namun saat ini memulai saham untuk pemula bisa juga menggunakan modal yang kecil sekalipun. Apa saja manfaat belajar investasi saham sejak dini? Yuk simak penjelasannya berikut.

1. Memberikan hasil yang relatif tinggi

Jenis investasi saham dibandingkan dengan jenis investasi lainnya memang cenderung membuahkan hasil yang relatif lebih tinggi. Tren pasar invetasi saham saat ini membuka peluang yang sangat besar bahkan untuk pemula sekalipun. Sehingga pengetahuan tentang jenis investasi ini akan semakin banyak dan menjangkau semua kalangan. 

Bila melakukan investasi saham saat pasar sedang bagus bagusnya, maka anda akan bisa mendapatkan hasil keuntungan yang maksimal hingga tiga puluh persen atau lebih. Keuntungan tersebut akan bisa anda dapatkan selama kurang lebih salam satu tahun. Bahkan keuntungan ini akan lebih tinggi daripada investasi emas atau properti dengan kenaikan maksimal 15%.

2. Mendapatkan profit yang maksimal

Manfaat lainnya bila anda belajar berinvestasi saham untuk pemula adalah akan mendapatkan profit yang lebih maksimal. Asalkan anda memilih platform investasi saham yang tepat, maka profit yang akan didapatkan juga menjanjikan. Dalam saham, ada dua jenis profit yang bisa anda dapatkan yaitu dividen dan capital gain.

Dividen adalah jenis profit  yang akan anda dapatkan berdasarkan perhitungan nilai harga saham yang ditentukan untuk setiap lembarnya. Sedangkan keuntungan Capital gain adalah jenis profit  yang akan anda dapatkan dari jumlah selisih harga beli dan harga jual saham yang sudah anda miliki.

Saham Untuk Pemula
freepik.com

3. Jenis transaksi yang mudah dan bersifat likuid

Hal lainnya yang akan menjadi alasan mengapa anda harus melakukan investasi saham sejak dini adalah bahwa jenis transaksi saham ini merupakan salah saju jenis investasi yang mudah. Cara untuk berinvestasi saham ini memang cukup relatif mudah karena bahkan bisa dilakukan oleh pemula dengan panduan yang tepat. 

Belajar saham untuk pemula bisa melakukannya dengan cara membuka rekening di perusahaan sekuritas pilihan anda. Kemudian anda bisa mulai membeli saham melalui aplikasi yang disediakan ileh perusahaan tersebut. Jenis investasi saham juga bersifat likuid karena bisa dijual kapan saja bila anda membutuhkan dana. 

4. Sebagai tabungan jangka panjang untuk masa depan

Salah satu manfaat lainnya yang akan dimiliki saat melakukan investasi saham adalah mempunyai sumber tabungan jangka panjang untuk masa depan. Tabungan berupa investasi saham ini akan membuahkan hasil yang maksimal. Keuntungan yang akan didapatkan bisa ditabung untuk kebutuhan lainnya suatu saat.

Bila suatu saat anda membutuhkan uang cash secara darurat maka anda juga bisa menjual saham yang sudah anda kelola ini. Kenaikan harga saham yang terus relatif tinggi ini tentu akan membawakan hasil yang maksimal bahkan akan menjadi pesaing bagi laju inflasi setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadi satu alasan mengapa anda harus mulai investasi sejak dini. 

5. Menjadi passive income / tambahan penghasilan

Investasi saham saat ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah karena sudah ada berbagai macam platform yang tepercaya. Kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi saat ini akan membuka peluang lebih lebar untuk belajar investasi saham. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari melakukan investasi saham. 

Manfaat lainnya dalam berinvestasi saham untuk pemula lainnya adalah menjadi tambahan penghasilan atau passive income yang menjanjikan. Hal ini akan menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan terlebih untuk persiapan dana pensiun untuk anda dan keluarga. Sehingga pemasukan akan selalu anda dan cukup untuk kebutuhan hidup lainnya.

Itulah sekilas tentang deretan manfaat berinvestasi saham sejak dini. Kesan berinvestasi saham selalu dilakukan dengan modal besar tidak selalu benar. Saat ini, anda bisa melakukan investasi saham hanya dengan modal yang kecil saja. Bila dilakukan sejak dini maka anda akan bisa mendapatkan peluang lebih banyak untuk belajar saham lebih lama.

Suka dengan artikel ini? Yuk sharing ke temen-temen kamu ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00